Jumat, 05 Desember 2014

Simulasi Mengenal Pahlawan Seri 1

Pendahuluan :
Generasi muda saat in lebih banyak hapal pahlawan yang di film-film dari pada mengenali sejarah kepahlawanan bangsa Indonesianya sendiri. Sehingga banyak yang tidak tahu bahwa negara ini bisa berdiri di awali dengan perjuangan yang gigih untuk mengusir penjajah guna mencapai Kemerdekaan Indonesia.
Gerakan Pramuka sebagai bagian dari lembaga pendidikan nasional  sudah melakukan cara pengenalan para pahlawan dalam kegiatan kegiatannya, sedangkan di tingkat penegak sudah dijadikan nama satuan ambalan yang mengambil nama pahlawan.
Suatu hari kami melihat kegiatan Lomba Siaga yang ada di tingkat ranting maupun cabang, kegiatan pengenalan pahlawan bangsa dilakukan dengan melihat gambat tokoh pahlawan dan kemudian memasangkan nama tokoh yang bersangkutan. Paling tidak, ada usaha bagaimana Pramuka Siaga ini mengenali dan tahu gambarnya tokoh Pahlawan.
Menyaksikan hal ini, malah bikin penasaran. Mereka, jika generasi muda mengenal pahlawan di film-film karena kehebatannya dalam membela kebenaran, mengapa sejak mereka usia belia, kita tidak lakukan dan bercerita tentang kehebatan dan kepahlawanan bangsa Indonesia yang lebih gigih dengan mengorbankan harta serta nyawa mereka.
Maka salah satu jalan keluarnya, dibikinlah media Simulasi Seri Pahlawan, agar para Pramuka Siaga lebih dini mengenal dan mengetahui perjuangan dan kepahlawanan bangsa Indonesia sehingga mencapai Negara Indonesia yang merdeka.
Berikut media simulasi ini :
Image

Cara main :
1.    Peserta terdiri 10 anak.
2.    Siaga bergiliran maju untuk menjawab (teks Box muncul secara acak)
3.    Siaga membaca teks dalam box 
4.    Siaga pilih gambar tokoh pahlawan sesuai teks box sebagai jawaban
dengan cara,  gambar tokoh di ‘Klik’ ( memencet tombol mouse )
5.    Apabila sudah benar, maka telah disimpan point benar. Hasil akhir dapat dilihat jika semua gambar pahlawan sudah dipilih ( di Klik )
6.    Waktu : menyesuaikan.
7.    Tutor/ Pembina  membantu peserta menyelesaikan tugasnya bila mendapatkan kesulitan. ( tutor membawa Pedoman simulasi )
8.    Pada Akhir permainan Tutor/ Pembina  memberikan kesimpulan tentang permainan simulasi ini.
Perlengkapan yang disiapkan :
1. LCD.
2. PC/ laptop.
3. Pedoman Simulasi Tutor/ Pendamping.
Media simulasi ini juga dapat diterapkan pada Pramuka Penggalang yang masih duduk di bangku belajar sekolah Dasar ( SD ).
Download Flash Player.  (Software untuk membuka Game Flash/ bila blm instal adobe Flash )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar