Pendahuluan :
Generasi
muda saat in lebih banyak hapal pahlawan yang di film-film dari pada
mengenali sejarah kepahlawanan bangsa Indonesianya sendiri. Sehingga
banyak yang tidak tahu bahwa negara ini bisa berdiri di awali dengan
perjuangan yang gigih untuk mengusir penjajah guna mencapai Kemerdekaan
Indonesia.
Gerakan Pramuka sebagai bagian dari lembaga pendidikan nasional sudah
melakukan cara pengenalan para pahlawan dalam kegiatan kegiatannya,
sedangkan di tingkat penegak sudah dijadikan nama satuan ambalan yang
mengambil nama pahlawan.
Suatu
hari kami melihat kegiatan Lomba Siaga yang ada di tingkat ranting
maupun cabang, kegiatan pengenalan pahlawan bangsa dilakukan dengan
melihat gambat tokoh pahlawan dan kemudian memasangkan nama tokoh yang
bersangkutan. Paling tidak, ada usaha bagaimana Pramuka Siaga ini
mengenali dan tahu gambarnya tokoh Pahlawan.
Menyaksikan
hal ini, malah bikin penasaran. Mereka, jika generasi muda mengenal
pahlawan di film-film karena kehebatannya dalam membela kebenaran,
mengapa sejak mereka usia belia, kita tidak lakukan dan bercerita
tentang kehebatan dan kepahlawanan bangsa Indonesia yang lebih gigih
dengan mengorbankan harta serta nyawa mereka.
Maka
salah satu jalan keluarnya, dibikinlah media Simulasi Seri Pahlawan,
agar para Pramuka Siaga lebih dini mengenal dan mengetahui perjuangan
dan kepahlawanan bangsa Indonesia sehingga mencapai Negara Indonesia
yang merdeka.
Berikut media simulasi ini :
Cara main :
1. Peserta terdiri 10 anak.
2. Siaga bergiliran maju untuk menjawab (teks Box muncul secara acak)
3. Siaga membaca teks dalam box
4. Siaga pilih gambar tokoh pahlawan sesuai teks box sebagai jawaban
dengan cara, gambar tokoh di ‘Klik’ ( memencet tombol mouse )
5. Apabila
sudah benar, maka telah disimpan point benar. Hasil akhir dapat dilihat
jika semua gambar pahlawan sudah dipilih ( di Klik )
6. Waktu : menyesuaikan.
7. Tutor/ Pembina membantu peserta menyelesaikan tugasnya bila mendapatkan kesulitan. ( tutor membawa Pedoman simulasi )
8. Pada Akhir permainan Tutor/ Pembina memberikan kesimpulan tentang permainan simulasi ini.
Perlengkapan yang disiapkan :
1. LCD.
2. PC/ laptop.
3. Pedoman Simulasi Tutor/ Pendamping.
Media simulasi ini juga dapat diterapkan pada Pramuka Penggalang yang masih duduk di bangku belajar sekolah Dasar ( SD ).
Download Flash Player. (Software untuk membuka Game Flash/ bila blm instal adobe Flash )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar